Saturday, May 14, 2011

Menjemput Janji-Nya



Menjemput Janji-Nya

Alhamdulillah, itulah kalimat yang mungkin lebih tepat diucapkan ketika kita telah menyelesaikan segala urusan, termasuk selesainya dari ujian akhir semester karena atas pertolongan-Nya segala kesulitan dan kelelahan semua teratasi.

tentu saja dengan berakhirnya ujian ini tidak berarti akhir dari segala aktivitas, seorang muslim tentu menyadari bahwa hari-hari mereka bagaikan tanah ladang yang subur, disana mereka menanam aneka tumbuhan yang hijau, sayuran yang bergizi, buah-buahan yang segar yang akan mereka petik ketika musim panen tiba. Tanah ladang yang subur itulah dunia, sedangkan tumbuhan, sayuran dan buah-buahan bagaikan amal yang akan kita petik diakhirat kelak.

Disaat kuliah… waktu terasa sempit, energi banyak terkuras oleh beban tugas kuliah yang diberikan. Tetapi karena kepiawaian dirilah dan atas pertolongan Allah jualah kita mampu meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan halaqoh Qur’an baik itu tilawah maupun hafalan.

Berontak dalam hati kadang terasa, rasa kesal juga pernah terlintas, bisikan malas selalu menghantui ketika akan melangkahkan kaki ke halaqoh qur’an , tapi itulah saat terindah, saat- saat kita ingin membuktikan kepada sang Pencipta bahwa kita mencintai al-Qur’an.

Mungkin kita tidak sehebat para sahabat atau para ulama yang hari-hari mereka diliputi oleh semangat al-Qur’an, mereka membacanya, menghafal dan memahaminya, ada yang pernah mengkhatamkan qur’an dalam tiap bulannya, ada yang mengkhatamkan tiap minggunya bahkan dalam hitungan hari, tapi kita adalah orang yang berusaha untuk mecoba meniru mereka sesuai dengan kemampuan kita.

Kita tidak ingin janji-janji surga Allah lepas begitu saja…,

kita juga tidak ingin mahkota yang terbuat dari perhiasan indah itu hanya menjadi sebuah cerita legenda…

kita juga tidak ingin huruf-huruf yang terangkai dalam tulisan al-Qur’an hanya tergeletak diatas meja… sehingga apa yang Allah janjikan “tiap satu huruf sepuluh pahala” hanyalah berita tanpa makna…

Kita ingin semua itu kita dapatkan… pahala, mahkota, surga… tapi,… tentu saja dengan perjuangan dan keikhlasan.

Barangkali moment liburan ini adalah moment yang tepat bagi kita, ditengah kelonggaran waktu dan energi yang prima untuk menjemput janji-janji Allah dengan memperbanyak tilawah dan hafalan.

Lihatlah langit yang penuh bintang, lihatlah awan yang menurunkan hujan, lihatlah bumi yang mengeluarkan tanaman, begitu besar rahmat-Nya didunia terlebih diakhirat kelak.

By. Ali Rakhman

Tulisan ini hanyalah memotivasi ana sendiri , barangkali juga antum semua yang saat ini jauh dari lingkungan jama’ah qur’an (Qur’an First)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar