Tuesday, May 31, 2011

Tausiyah 20 mei 2011

Bismillahirrahmanirrahim,,,,,

Alhamdulillah pada tangal 20 mei 2011 kemarin, saya diberikan kesempatan untuk mengisi agenda tausyiah QF, walau dengan kecetekan ilmu saya, saya berusaha untuk tetap bisa memberikan tausyiah yg terbaik, walau dengan nervous pula saat menyampaikannya, karena harus bertausyiah dihadapan para pecinta Al-qur'an dan ilmu....

Agar tidak berlarut-larut dalam untaian kata yang penuh dengan retorika (), saya akan langsung menuliskan isi dari tausyiah saya. Semoga bermanfaat....

Tausyiah ini saya dapatkan dalam sebuah mabit yg diadakan saat di Masjid Attin, Jakarta pada tanggal 21 April 2011, yg diselengarakan oleh Rumah Al-Qur'an Darut Tarbiyah (DATA), yg di pimpin oleh ust. Fadlyl Usman Baharun. Yang saya kagumi dari lembaga ini adalah program wajib tilawah 3 juz perhari yg dibebankan pada para santrinya mayoritas adalah aktivis da'wah dan bahkan banyak dari mereka student di University of Indonesia yang pasti mereka tidak kalah sibuknya dengan student uia tapi banyak dari mereka yg berhasil menghafal dalam waktu kurang lebih 1- 2 tahun. (subhanallah). Dan berikut ini tausyiahnya:

Seperti yang kita ketahui, ringkasan Al-qur'an adalah Al-fatihah, ringkasan Al-fatihah adalah lafadz basmallah, dan ringkasan dari lafadz basmallah adalah kalimah ALLAH ( subhanallah walillahilham).

Selain itu, Al-fatihah juga mengandung rahasia besar tentang istiqomah, karena ke-7 ayat dalam surat ini juga merupakan '7 Ikrar Membangun Istiqomah':

  1. "Dengan nama Allah yg Maha Pengasih, Maha Penyayang" : ayat ini bermakna sebuah ikrar untuk melakukan segala aktivitas dengan menyebut nama Allah.

  2. "Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam" : ayat ini bermakna sebuah ikrar untuk mensyukuri semua nikmat yg Allah berikan dengan menggunakannya sebaik-baiknya.

  3. "Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang" : ayat ini bermakna sebuah ikrar untuk menanamkan sikap husnudzon kita terhadap Allah.

  4. "Pemilik hari pembalasan" : ayat ini bermakna sebuah ikrar untuk menjadikan akhirat sebagai cita-cita tertinggi dengan mengharapkan balasan terbaiknya, yaitu syurga-Nya.

  5. "Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami memohon pertolongan" : ayat ini bermakna sebuah ikrar untuk menjadikan tujuan kehidupan di dunia hanya untuk beribadah kepada Allah.

  6. "Tunjukilah kami jalan yang lurus" : ayat ini bermakna sebuah ikrar untuk berkomitmen di jalan yang lurus (red: islam)

  7. "(yaitu) jalan orang-orang yg telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yg dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yg sesat" : ayat ini bermakna sebuah ikrar untuk mengambil hikmah dari masa lalu dengan meneladani mereka yg taat dan menjauhi cara-cara mereka yg dimurkai ataupun sesat.


Semoga surat yg dalam sehari kita baca at least 17x ini bisa lebih kita maknai, agar 'Ke-7 Ikrar Membangun Istiqomah' ini merasuk dalam qolbu kita, yg kemudian akan mentreat ruhiah sehingga kita bisa menjadi org yg bertaqwa dengan keistiqomahan tersebut. (Amiiin)

"Kebajikan apa pun yg kamu peroleh, adalah dari sisi Allah........." (An-nisa:79). Akhir kalam,,,,, afwan minkum.

by: Amirah

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar